Biografi Iblis

Biografi Iblis

Siapakah Iblis?

Nama “Iblis” berasal dari kata kerja (’l) “Balasa-yablisu” yang berarti terputus dari rahmat Allah SWT. Tiada makhluk hidup di dunia ini yang tidak membutuhkan rahmat atau kasih sayang Allah SWT. Kecuali Iblis. Ia yang menyebabkan terputusnya rahmat Allah SWT atas dirinya. Iblis yang bertugas menggoda umat manusia tidak asing lagi di telinga kita. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa manusia diciptakan dari tanah, malaikat diciptakan dari cahaya. Akan tetapi, ada kontroversi mengenai penciptaan Iblis?

 Dari apakah Iblis diciptakan? Apakah Iblis berasal dari golongan Jin ataukah Malaikat? Ada banyak kontroversi mengenai penciptaan Iblis, diantaranya adalah:

 “Hasan Al Bashri mengatakan bahwa Iblis berasal dari golongan jin. Beliau juga menyatakan bahwa Iblis tidak pernah menjadi golongan malaikat sekejap mata pun sama sekali. Dan dia benar-benar asal-usul jin, sebagaimana Adam adalah asal-usul manusia.” (Diriwayatkan Ibnu Jarir dalam tafsir surat Al-Kahfi ayat 50, dan dishahihkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya). Pendapat ini dikuatkan oleh Ibnu Katsir, Al-Jashshash dalam kitabnya Ahkamul Qur‘an (3/215), dan Asy-Syinqithi dalam kitabnya Adhwa’ul Bayan (4/120). Penjelasan tentang dalil pendapat ini beliau sebutkan dalam kitab tersebut.Secara ringkas, dapat disebutkan sebagai berikut: Malaikat adalah makhluk yang ma’shum. Sebagaimana firman Allah:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim : 6).

“Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan, dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS. Al Anbiya’ : 27).

Allah menyebutkan secara terang-terangan dalam surat Al Kahfi ayat 50 bahwa Iblis merupakan golongan Jin. “dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, Maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil Dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.”

Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa Iblis adalah golongan Jin, dan Jin bukanlah bangsa malaikat. Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya, sedangkan Jin diciptakan dari api. Allah berfirman:

“Dan Kami (Allah) ciptakan Jin sebelum (Adam) dari Api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr : 27).

Ingin mengetahui lebih jauh tentang sepak terjang iblis dari masa ke masa – hingga menjebak kita ke dalam berbagai trik dan tipu muslihatnya? Buku ini menjabarkan profil Iblis secara tuntas.

Buku penting untuk mempertebal keimanan kita, selamat membaca!

17 responses to “Biografi Iblis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s