133 Questions About Islam

segera terbit

133 Questions About Islam

Buku ini berisi tanya jawab mengenai ajaran agama Islam, sangat penting untuk bahan diskusi atau ceramah, terutama pada bulan ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, marhaban ya ramadhan!

 

A. MASALAH THAHARAH

 

1. Pertanyaan : Apa hukum memecahkan jerawat setelah berdwudhu ?

Jawaban   : Perbuatan itu tidak membatalkan wudhu, dan darah jerawat itu termasuk najis ma’fu (yang dimaafkan), karena tidak mengalir, tetapi harus dibersihkan. Dan janganlah anda menyengaja melakukan itu, atau lakukanlah ketika anda tidak punya wudhu. Selain itu berusahalah untuk mengobatinya agar kebiasaan anda memecahkan jerawat tidak terulang terutama ketika sudah punya wudhu, hingga ibadah anda tidak terganggu.

 

2. Petanyaan : Apa hukumnya bertayammum dengan debu yang kotor ?

Jawaban    : Sebagaimana wudhu yang harus dilakukan dengan air yang suci, maka demikian pula tayammum mesti dengan debu yang suci. Tidak sah bertayammum dengan debu yang kotor. Allah menjelaskan langsung tentang hal ini :

 

فَتَيَمَّمُواصَعِيْدًاطَيِّبًا…(المائدة،5:6)

                        Artinya : …maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih…(Al Ma’idah, 5:6)

Tidak boleh kita menggunakan debu yang  tercampur kotoran atau najis. Kita dapat membuat debu dengan terlebih dahulu menggali tanah. Lalu tanah galian itu dijemur. Setelah kering lalu kita tumbuk hingga menjadi debu dan dapat digunakan untuk bertayammum.

 

3. Pertanyaan : Apakah wanita yang sedang haid boleh memakai mukena?

Jawaban    : Boleh, tidak ada halangan. Mukena itu seperti juga pakaian lain. Karena kalau wanita yang haid tidak boleh memakai mukena, maka ia pun tidak boleh memakai pakaian lain. Cuma kalau mukena itu terkena darah haid, maka ia tidak boleh dipakai sholat hingga dicuci terlebih dahulu. Ketahuilah shalat bagi wanita itu enggak mesti pakai mukena, boleh dengan pakaian biasa yang penting menurut aurat selain muka dan telapak tangan.

 

4. Pertanyaan : Bolehkah mengelap wajah setelah berwudhu?

Jawaban      : Boleh dan tidak merusak substansi wudhu karena yang jelas air wudhu telah membasahi kulit ketika berwudhu, tapi sebaiknya tidak dielap sebab air wudhu akan menjadi saksi ibadah kita di akhirat kelak.

 

5. Pertanyaan : Bangun tidur celana terlihat basah dengan air mimpi, tapi tidak ingat mimpi, apakah wajib mandi?

Jawaban      : Wajib mandi, karena adanya bukti air mandi, dan ini jika diyakini sebagai air mani. Tidak ingat mimpi tidak menghalangi kewajiban mandi besar, karena ingat atau tidak ingat mimpi bermesraan dengan lawan jenis itu memang biasa terjadi, yang penting bukti telah ada. Ada pendapat lain menurut Mujahid dan Qatadah, yaitu tidak wajib mandi sampai diyakini betul bahwa itu air mani. Karena yang diyakini ialah dalam keadaan suci, dan ini tidak bisa dihapuskan dengan kebimbangan belaka.

 

6. Pertanyaan : mimpi yang menyeramkan lalu keluar mani, apa wajib mandi ?

Jawaban     : Wajib mandi, karena alasan utamanya keluar mani, kalau memang itu anda yakini air mani, kalau bukan maka tidak wajib mandi. Mungkin malam itu anda bermimpi dengan lawan jenis, tapi yang anda ingat hanya mimpi yang seram. Terkadang dalam satu malam kita bisa mimpi bermacam-macam.

 

7. Pertanyaan : Laki-laki disunnahkan (diwajibkan) untuk dikhitan. Lalu apakah wanita juga dikhitan?

Jawaban      : Ya, wanita juga dikhitan, cuma hukumnya tidak seperti khitan laki-laki. Khitan wanita sifatnya cuma suatu kemuliaan. Khitan wanita ialah memotong sedikit kulit yang terdapat di bagian atas vaginanya. Kata Mawardi, “khitan wanita ialah memotong kulit yang terdapat sebelah atas vagina seperti biji atau ranggah ayam. Dan yang wajib dipotong itu ialah kulitnya yang berlebih, tidak sampai ke pangkalnya”. Tentang hukum khitan bagi wanita, ulama berbeda pendapat, yaitu :

Imam Syafi’I :”Khitan wajib bagi laki-laki dan perempuan”.

Imam Hanbali :”Khitan wajib bagi laki-laki dan sunnah bagi perempuan”

Imam Hanafi dan Maliki :”Khitan sunnah bagi laki-laki dan perempuan”.

Masih banyak lagi yang dapat disampaikan buku ini, untuk lebih jelas miliki buku 133 Questions About Islam…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s